Saturday, August 1, 2009

Ungkap Situs M Top Harus Non Teknis

LagihotLagihot - Untuk menjejak siapa pembuat situs Nur Din bin Muhammad Top sulit dilakukan secara teknis. Pembuat situs itu bisa memanfaatkan berbagai metode penyembunyian diri. Namun pembuat situs bisa diidentifikasi dengan cara non teknis.

Situs yang disebut berisi pengakuan yang ditulis Abu Mu'awwidz Nur Din bin Muhammad Top, diduga terkait sosok di balik pemboman Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton, Noordin M Top yang terus menarik perhatian. Hingga kini belum bisa dipastikan apakah situs yang beralamat di http://mediaislam-bushro.blogspot.com itu benar dibuat oleh Noordin M Top atau bukan.

Pengelola situs keamanan Jasakom dan penulis buku hacking popular Susanto mengatakan pembuat situs itu bisa dijejak dengan bekerjasama dengan Blogspot tempat halaman itu dihosting. Biasanya Blogspot akan memberikan log, jika ada permintaan resmi dari pemerintah jika dianggap layak dilakukan penyelidikan.

Namun, log yang disediakan oleh Blogspot tidak sepenuhnya bisa diandalkan. Hal itu karena pembuat halaman itu bisa saja memanfaatkan identitas palsu. “Kesulitannya, Blogspot tidak pernah melakukan verifikasi terhadap alamat atau informasi yang diberikan penggunanya,” kata Susanto yang biasa dipanggil Sto itu di Jakarta.

Biasanya pembuat situs memanfaatkan berbagai metode penyembunyian diri, sehingga pelacakan sangat sulit dilakukan secara teknis. Apabila terjadi hal semacam ini, kata Sto pendekatan nonteknis yang harus dilakukan.

Caranya dengan mengamati komentar yang ada. “Situs itu akan sering dilihat oleh pembuatnya untuk melihat komentar pengunjung maupun berita-berita yang lain,” katanya.

Mengenai akses internet yang bisa dilakukan dengan kartu prabayar, menurut Sto bukan kendala. Karena meskipun menggunakan kartu prabayar, tetap bisa bisa dilacak dengan bantuan dari ISP (internet service provider). “Saya rasa tidak ada hambatan berarti disini,” katanya.

Sementara pakar telematika Roy Suryo sependapat penelusuran pembuat situs itu bisa dilakukan dari yang memberi komentar. Salah satu pengirim komentar bisa jadi adalah pengelola blog. “Pembuat akan sering-sering mengecek situsnya untuk melihat komentar,” paparnya

Roy mengatakan sulit untuk melacak langsung siapa pemilik blog itu. Sebab, siapapun bisa dengan mudah membuat blog di Blogspot. Selain itu tidak semua pengguna internet menggunakan komputer pribadi sehingga melacak dengan menelusuri nomor IP tidak mudah dilakukan.

Namun untuk meneliti komentar tampaknya bukan pekerjaan yang ringan. Sampai Kamis (30/7) sore jumlah komentar di http://mediaislam-bushro.blogspot.com telah mencapai 1.323 buah dan dipastikan jumlahnya akan terus bertambah.

Komentar sendiri beraneka macam ada yang serius berdebat soal jihad dalam arti sebenarnya. Namun banyak yang mengungkapkan kegeramannya pada pelaku teroris yang justru menimbulkan korban pada masyarakat yang tidak berdosa.

Posting itu dilakukan di blogspot pada Minggu 26 Juli 2009 pukul 22.02 WIB. Posting yang sama dipublikasi pada 18 Juli 2009, sehari setelah ledakan dengan alamat http://bushro2.blogspot.com.

Sto menilai sulit memastikan apakah situs itu dibuat di dalam negeri atau di luar negeri, karena internet bersifat global. Namun jika melihat bahasa yang digunakan, tampak dibuat oleh orang Indonesia asli, karena tidak ada dialek Malaysia.(inilah)
* lagiHot (Berbagai Berita terkini,Peristiwa Penting, Gossip Artis Hot yang Perlu anda Tahu) Download 25 FREE songs at eMusic.com!
Digg,Peristiwa Penting Technorati,Peristiwa Penting del.icio.us,Peristiwa Penting Stumbleupon,Peristiwa Penting Facebook,Peristiwa Penting Yahoo,Peristiwa Penting Twitter,Peristiwa Penting

Mau Domain Gratis...? Buruan daftarkan nama anda sebagai domain anda sebelum diambil orang..!!! Domain Keren Gratis

Komentar :

ada 0 comments pada “Ungkap Situs M Top Harus Non Teknis”

Post a Comment

 

Template by LagiHot