Wednesday, June 17, 2009

Tambang Batu Bara meledak karena gas metana

Tambang Batu Bara yang meledak ini diduga karena akibat gas metana. Demikian penjelasan Direktur Teknik dan Lingkungan Ditjen Minerba Pabum Departemen ESDM, MS Marpaung.
Gas metana merupakan gas yang memang terperangkap di dalam rongga-rongga batu bara. Gas tersebut akan keluar dengan sendirinya kalau sudah berhubungan dengan udara luar.

Sedangkan salah satu korban selamat, Bambang Edi, 37, mengaku sempat merayap menghindari semburan api. Menurutnya, saat terjadi ledakan, dirinya merayap sekitar lima menit guna menghindari sembutan api yang keluar dari lubang tambang.
“Awak (saya, Red) sempat tiarap dan merayap sekitar lima menit untuk menempuh jarak sekitar 200 meter dari lubang tambang,” katanya.

Bambang Edi menceritakan kejadian itu ketika ditemui di RSUD Kota Sawahlunto, Selasa (16/6) sore. Meski sempat menghindar dari semburan api ketika ledakan terjadi, namun akibat panasnya api dirinya mengalami luka bakar.
Bambang mengatakan, saat kejadian tersebut, dirinya sedang berada di luar lokasi pertambangan, dan duduk di sebuah kedai minuman di area lubang utama pertambangan. Pria yang sehari-hari mengoperasikan truk pengangkut batu bara itu sedang menunggu muatan saat terjadi ledakan.
Tiba-tiba, ucapnya, terjadi semburan api cukup kuat dengan ketinggian sekitar 50 meter ke atas. Sehingga, sejumlah buruh tambang di luar lubang pun ikut mengalami luka bakar.

* lagiHot (Berbagai Berita terkini,Peristiwa Penting, Gossip Artis Hot yang Perlu anda Tahu) Download 25 FREE songs at eMusic.com!
Digg,Peristiwa Penting Technorati,Peristiwa Penting del.icio.us,Peristiwa Penting Stumbleupon,Peristiwa Penting Facebook,Peristiwa Penting Yahoo,Peristiwa Penting Twitter,Peristiwa Penting

Mau Domain Gratis...? Buruan daftarkan nama anda sebagai domain anda sebelum diambil orang..!!! Domain Keren Gratis

Komentar :

ada 0 comments pada “Tambang Batu Bara meledak karena gas metana”

Post a Comment

 

Template by LagiHot