Wednesday, June 17, 2009

KDRT Cici Paramida karena matre

Korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) seringkali justru mendapat stigma negatif. Manohara Odelia Pinot dan Cici Paramida yang menjadi korban KDRT misalnya justru sering dicap matre. Hal ini terjadi sebab banyak masyarakat yang tidak paham gender.

"Memang masyarakat kita berpandangan beragam. Apalagi yang tidak sadar tentang kesetaraan gender," Manager Riset LSM Perempuan Kalyanamitra, Hegel Terome .

Dalam kasus Manohara, Hegel memaparkan KDRT bukan disebabkan oleh pernikahan yang dilakukan dalam usia muda, namun karena adanya ketidaksetaraan posisi.

"Ada yang menganggap itu karena kesalahan individual, misalkan kawin dalam usia muda. Tapi kan masalahnya ada ketidaksetaraan posisi antara Manohara dan suaminya. Itu yang membuat permasalahan bisa terjadi," lanjut Hegel.

Deputi Perlindungan Perempuan Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan, Subagyo juga sependapat dengan Hegel. Cap negatif dilabelkan pada korban KDRT karena pengaruh budaya patriarki.

"Mungkin karena pengaruh budaya, masih ada yang menganggap perempuan sebagai orang nomor 2," ujar Subagyo.

Subagyo menjelaskan laki-laki harus diberikan pemahaman apabila perempuan adalah partner dirinya. "Pemahaman seorang laki-laki itu harus menganggap perempuan sejajar dan sinergi dalam hal apapun, termasuk membentuk keluarga yang sakinah," imbuhnya.

Akan tetapi Subagyo menekankan ada hal yang tidak bisa disamakan untuk seorang perempuan. "Yang sifatnya kodrat, sudah given dari Tuhan. Misal perempuan sudah dikodratkan melahirkan dan haid. Jangan sampai misalkan perusahaan tempat dia bekerja memberikan pembedaan dalam hal penggajian karena perempuan sering cuti," jelasnya.

* lagiHot (Berbagai Berita terkini,Peristiwa Penting, Gossip Artis Hot yang Perlu anda Tahu) Download 25 FREE songs at eMusic.com!
Digg,Peristiwa Penting Technorati,Peristiwa Penting del.icio.us,Peristiwa Penting Stumbleupon,Peristiwa Penting Facebook,Peristiwa Penting Yahoo,Peristiwa Penting Twitter,Peristiwa Penting

Mau Domain Gratis...? Buruan daftarkan nama anda sebagai domain anda sebelum diambil orang..!!! Domain Keren Gratis

Komentar :

ada 0 comments pada “KDRT Cici Paramida karena matre”

Post a Comment

 

Template by LagiHot