Wednesday, June 17, 2009

Gas metana ledakkan Tambang Batu Bara

Berdasarkan dugaan sementara, ledakan yang terjadi di lokasi tambang batubara, Sawahlunto, Sumatera Barat milik PT Dasrat Malawi akibat gas metana. Demikian dikatakan pejabat Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ditjen Minerba Pabum Departemen ESDM MS Marpaung di Jakarta, Selasa (15/6) menjelaskan, akibat ledakan tersebut tiga orang tewas dan kemungkinan masih ada 30 penambang lainnya yang terjebak di dalam tambang.

"Kami akan lihat apakah metode penambangan sudah sesuai dengan ketentuan atau tidak. Kami juga akan lihat, apakah ada ventilasi keluarnya gas metana," ujarnya.

Gas metana merupakan gas yang memang terperangkap di dalam rongga-rongga batu bara.
Gas tersebut akan keluar dengan sendirinya kalau sudah berhubungan dengan udara luar.

Tambang batu bara milik Dasrat Palawi di Sawahlunto, Sumatera Barat itu, pada Selasa pukul 10.45 WIB meledak yang menyebabkan tiga orang tewas dan puluhan lainnya masih terjebak di dalam lokasi penambangan.

"Tambang batubara ini merupakan KP (kuasa pertambangan) berjenis underground (bawah tanah)," katanya. Menurut Marpaung, untuk sementara, operasi tambang tersebut ditutup terlebih dahulu dan selanjutnya dilakukan penyelidikan.

* lagiHot (Berbagai Berita terkini,Peristiwa Penting, Gossip Artis Hot yang Perlu anda Tahu) Download 25 FREE songs at eMusic.com!
Digg,Peristiwa Penting Technorati,Peristiwa Penting del.icio.us,Peristiwa Penting Stumbleupon,Peristiwa Penting Facebook,Peristiwa Penting Yahoo,Peristiwa Penting Twitter,Peristiwa Penting

Mau Domain Gratis...? Buruan daftarkan nama anda sebagai domain anda sebelum diambil orang..!!! Domain Keren Gratis

Komentar :

ada 0 comments pada “Gas metana ledakkan Tambang Batu Bara”

Post a Comment

 

Template by LagiHot